Kediri DOR Group

Anti Korupsi

Rabu, 16 November 2011

Gedung Baru Senilai Rp 1 miliar Dibiarkan Mangkrak

Bangunan yang mangkrak
Kediri, Koran DOR- LEBIH sulit merawat dari pada membuat, tampaknya istilah ini nyata kebenarannya. Sebagai contohnya, bangunan baru yang terletk di Bence, kel.Pakunden , Kec.Pesantren Kota Kedir4, kondisinya mengenaskan. Pasalnya bangunan tersebut terkesan tidak terawat dengan baik. Kerusakan pada bangunan sudah tampak. Seperti dinding, flapon dan pintu pun juga tampak sudah rusak.

Dilokasi tersbut terdapat lima bangunan baru, rencananya akan di pergunakan untuk Gedung serbaguna, Gedung PAUD, TK dan Kios. Masing-masing bangunan itu,kondisinya sangat mengenaskan, agaimana tidak, pantauan Koran DOR dilapangan, keretakan pada dinding bangunan sudah mulai tampak, begitu pula Rolling door pada bangunan kios sudah terlihat menganga.

Padahal, proyek tersebut baru terselesaikan pada akhir Desember 2010, dan masa pemeliharaan selesai pada akhir juni 2011. Ironisnya, berdasarkan informasi yang di himpun Koran DOR mengatakan, proyek yang di danai Anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Kediri,anggaran tahun 2010 sekitar Rp 1 miliar lebih itu hingga sekarang belum ada serah terima.

Kepala Kelurahan pakunden, Sudarman, melalui Hariyanto, selaku plt skertris, dikonfirmasi wartawan koran ini,dikantornya, beberapa hari lalu mengatakan, tidak tahu menahu tentang pembangunan yang berada di wilayahnya tersebut,"pembangunan itu saya tahu, tapi secara detailnya, saya kurang jelas. Jadi lebih abdholnya, anda langsung ke dinas PU saja. Soalnya, yang tahu persis tentang pembangunan itu adalah pihak sana,"kata hariyanto, mengaku, sudah puluhan tahun mengabdikan dirinya dikelurahan pakunden ini.

Terpisah, kepala bagian Humas Pemkot Kediri Hariadi, menyatakan bahwa bangunan baru, yang kabarnya kopensesi dari mega proyek Gambiran 2 kota kediri,menyusul adanya pengusuran fasilitas umums (fasum)warga perumahan permata biru itu,belum layak untuk dresmikan. Alasannya, selain menunggu kesiapan sarana prasarana lainnya,juga perangkat kelurahan setempat masih di sibukan dengan progam E KTP.

“Sebetulnya bangunan itu sudah selesai,dan peralatannya pun juga sudah ada,sepertihalnya kursi. Tapi pihak kelurahan dan kecamatan saat ini kegiatannya masih banyak,apalagi ada progam E KTP. Sehingga masih fokus ke masalah itu. Jadi masalah peresmian tidak perlu cepat-cepat di lakukan,”ucapnya, kamis,(10/11)pekan lalu.

Selain itu, lanjut Hariyadi, alasan belum diresmikannya bangunan baru itu adalah kondisi di sekitar bangunan baru tersebut belum ada,salah satunya jalan,menuju ke masing-masing gedung baru itu belu ada. Sehingga,  dikuatirkan, jika ada rombongan dari Pemkot Kediri, yang akan meresmikan bangunan tersebut, tidak bisa masuk,” jadi masih menunggu kesiapan dari sarana lainnya termasuk pengairan"dalilnya.

Disinggung, kondisi bangunan tersebut saat ini sudah ada yang rusak,pihaknya mengaku belum tahu.Alasannya, belum mendapat laporan.Tapi kami akan tindak lanjuti,dengan cara konfirmasi langsung kepihak kelurahan"tandasnya.

Menurut, Hariyadi, jika bangunan baru itu sudah ada yang rusak.  Maka pihak pelaksanalah yang akan bertanggung jawab. Pasalnya, belum ada serah terima dari pelaksana kepada pihak pemerintah kota kediri,”kami akan meminta pertanggung jawaban kepada rekanan atau CV yang mengerjakannya, untuk dilakukan perbaikan.karena belum ada serah terima,” tegasnya.

Namun, Hariyadi, ketika ditanya soal keseluruhan anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan baru itu,pihaknya mengaku belum tahu, "kalau masalah anggaran dan pelaksanaannya,anda langsung aja ke dinas PU.Karena yang tahu persisnya,pihak sana.sebab,kalau melalui telpon,pasti tidak akan di angkat.Telpon dari saya saja jarang diagkat kok,”cetusnya.

Hingga berita ini diturunkan Koran DOR, pihak Dinas PU Kota Kediri, belum bisa dikonfirmasi.Pasalnya pihak Kepala Dinas PU dan bagian yang menangani proyek tersebut tidak ada ditempat. Dihubungi via telpon selulernya pun tidak diangkat. (WAN)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.